Penampilan Pribadi Yang Stabil

Print
Parent Category: ARTIKEL Category: Edukasi
Last Updated on Friday, 19 April 2013 Published Date Written by sandyabdullah

Penampilan Pribadi Yang Stabil

                              Oleh : Drs. S. Abdullah, MBA
  


Sejak jaman dahulu, kala rahasia untuk awet muda ( be forever young ) dan tetap sehat serta stabil selalu dicari orang, baik wanita maupun pria. Beragam penelitian dilakukan para pakar untuk menemukan teknik yang paling reasonable / efektif. Berbagai macam teknik ditawarkan , untuk mendapatkan hasil yang terbaik tetap dibutuhkan usaha yang konsisten dan kontinyu dalam memperbaiki pola makan dan hidup sehat baik jasmani maupun rohani.


Memang tidak mudah , karena membutuhkan usaha keras, smart dan ketekunan. Namun harus tetap optimis untuk mencapai keinginan supaya tetap awet muda dan stabil.  Ada 7 langkah praktis untuk membentuk penampilan awet muda dan stabil.       Tentu saja, anda tidak mungkin menjalaninya sekaligus, tetapi bisa bertahap , mulailah dari yang paling mudah berikut ini.

1. Detoksifikasi

Menurut Gary Null, Ph.D dalam bukunya The Ultimate Anti Aging, detoks adalah langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai program menuju sehat dan awet muda. Karena salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit adalah penumpukan toksin di lingkungan sekitar dan di dalam tubuh kita. Sebenarnya, tubuh kita secara alami sudah melakukan detoksifikasi secara teratur , seperti ketika buang air kecil atau besar. Tetapi perlu dipahami bahwa kita selalu tercemar polusi dari bahan - bahan kimia yang masuk melalui perantaraan udara, air, makanan dan lingkungan.

Ibadah puasa diyakini juga sebagai salah satu cara detoksifikasi karena jika dijalani tidak hanya membersihkan tubuh tetapi juga rohani . Namun bagi yang berhalangan puasa bisa melakukan detoksifikasi dengan cara meminum jus buah atau mengkonsumsi sayuran hijau. Tahap awal cara seperti ini dilakukan kurang lebih 2 minggu berturut - turut , tetapi untuk permulaan Anda bisa melakukannya selama 2 - 3 hari dulu.



2. Tidur Cukup Dan Nyenyak

Pada umumnya orang tidur selama 8 jam sehari, tetapi ada juga orang cukup 6 -7 jam saja sehari. Tidur yang nyenyak dan cukup itu ternyata menyehatkan tubuh dan jiwa. Selama tidur, tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan yang berfungsi memperbaharui dan memperbaiki jaringan sel tubuh ,termasuk kulit. Usahakan menjalani tidur yang nyenyak karena jika ada gangguan fisik atau mental pada saat tidur akan mengganggu konsentrasi, kreatifitas, dan daya ingat. Disamping itu, upayakan tidur yang cukup untuk menghindari ketidakseimbangan emosi dan iritasi pada kulit. Jika Anda sulit tidur , coba lakukan relaksasi sebelum tidur dan jangan keburu - buru menggunakan obat tidur yang ditengarai pemakaian terus menerus dapat menimbulkan ketergantungan obat dan berakibat negatif.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat Dan Suplemen

Kalau sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari, dimana akan membuat tubuh kita sehat , langsing dan stabil. Gary Null menyarankan untuk membuat catatan harian yang kita makan setiap hari.
Berikut panduan makanan supaya tetap awet muda dan stabil :

a. Banyak konsumsi daging ikan segar daripada daging merah.
b. Protein yang paling baik berasal dari kacang - kacangan.
c. Banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi , sekitar 40 - 50   gram per hari
d. Makanlah sayuran seperti brokoli, kembang kol, brussel sprout.
e. Minum jus sayuran hijau , lebih baik jika dicampuri jahe dan    ekstrak lidah buaya.
f. Minum air putih minimal 2 liter setiap hari.
g. Kurangi minum kopi , minuman bersoda, gula putih dan makanan olahan pabrik yang   terbuat dari tepung terigu ( biskuit ).
h. Gunakan minyak yang sehat , seperti minyak zaitun
i. Jangan kelupaan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B komplek,  vitamin E, vitamin C, bawang putih.


4. Rutin Melakukan Olah Raga

Manfaat yang dapat diperoleh jika sering melakukan olah raga , mumpung masih muda, adalah selain membuat otot - otot semakin kuat dan lentur, meningkatkan keseimbangan serta fleksibiltas tubuh, mencegah osteoporosis, melangsingkan dan mengencang kan tubuh. Manfaat kejiwaan yaitu membuat kita tampak segar, bahagia, energik, percaya diri dan emosi stabil. Olah raga yang disarankan adalah aerobik, jalan santai, bersepeda, berenang, kalau perlu senam menggunakan beban.


5. Relaksasi

Pelajari teknik - teknik relaksasi seperti Tai Ci , Yoga , Meditasi. Dengan relaksasi diyakini bisa membuat wajah tampak lebih muda. Usahakan bisa mengelola faktor penyebab stress ( stressor ) dengan bijaksana, tenang dan damai karena hal ini juga dapat menampilkan pribadi anda tampak lebih muda dan menarik. Atau jalankan hal apa saja yang menjadi hobi anda, misalnya seperti berkebun, melukis, bermain musik atau lainnya , sehingga anda bisa relaks dan punya kegiatan santai yang menjadikan pikiran tidak tegang / spaneng.

6. Menjaga Pikiran Selalu Positif

Usahakan berlatih membersihkan diri dari pikiran - pikiran negatif , seperti emosi yang berlebihan, mudah tersinggung, terlalu memasukan ke dalam hati semua persoalan yang sedang dihadapi. Karena apa, jika anda bisa menjaga pikiran / emosi tetap stabil maka anda akan kelihatan tampak energik / penuh semangat menatap hari esok yang cemerlang. Sedangkan jika anda terjebak dalam pikiran yang negatif , maka akan membawa anda ke suasana yang selalu tampak lesuh, kurang bersemangat, melelahkan dan berpotensi menimbulkan kegagalan.

7. Lakukan Juga Check Up Kesehatan

Dengan melakukan check up rutin diharapkan Anda dapat mengetahui kelemahan - kelemahan yang mungkin dapat memunculkan penyakit sehingga dapat dideteksi dan diatasi dengan sesegera mungkin. Karena kita tahu bahwa tubuh kita itu ibaratnya sebuah mesin yang dipacu untuk bergerak dan berpikir terus menerus sehingga tidak tertutup kemungkinan akan terjadi gangguan juga., ingat selalu pepatah orang bijak :        Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati Penyakit.

Referensi

Gary Null, Ph.D, 1999, The Ultimate Anti Aging Program , New York, broadway publisher
   

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG